Penyebab Laptop Mati sendiri secara tiba-tiba

asus a43e mati sendiri
Beberapa hari yang lalu saya mendapat Laptop servis, namun heran dengan tingkah laku si ASUS A43E yang sudah mulai bertingkah aneh. Umurnya baru sekitar 2 tahun. Permasalahan yang muncul adalah si ASUS suka Mati sendiri secara tiba-tiba ketika sedang dipakai. Awalnya saya mengira Cuma karena panas dan pemakaian yang lama. Namun dengan memakai Cooler Pad juga masih mengalami hal yang sama.
Ada Beberapa Penyebab Laptop Mati sendiri Secara tiba-tiba. Diantara penyebab tersebut yang paling memungkinkan adalah :

Overheating atau kepanasan yang berlebihan

Ciri-ciri Laptop Overheat yaitu :
1.  Keyboard dan bagian bawah laptop akan sangat panas saat laptop tersebut bekerja.
2.  Kipas pendingin CPU bekerja sepanjang waktu dengan kecepatan rotasi maksimum dan beroperasi jauh lebih keras dari sebelumnya.
3.  Laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya tanpa peringatan.
 
NB: Info Untuk Anak KOS.
Hindari penggunaan Laptop diatas Kasur. Biasanya Mahasiswa karena banyaknya tugas kuliah lebih suka memakai Laptop diatas Kasur, pemakaian dalam waktu yang lama akan menyebabkan Laptop OverHeat.

RAM bermasalah

Jika panasnya terasa dari arah tempat hardisk, cek apakah penggunaan RAM sudah overload. Sehingga sistem menggunakan hardisk sebagai RAM sementara. Maka hardisk menjadi lebih sibuk dari biasanya. Jadi langkah yang terbaik dengan mengupgrade RAM.

Banyak debu dan kotoran terutama pada kipas

Ini sangat wajar terjadi. Biasanya jika laptop sering dipakai ditempat yang kurang steril, semakin cepat berdebu kipasnya.

Pasta Prosesor kering

Ini juga sangat sering terjadi jika laptop sudah berumur lama. Pasta prosesor akan menjadi kering. Akhirnya panas prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir dan laptop akan mati sendiri. Solusinya silahkan bawa ke toko service laptop, minta ganti pastanya dan oleskan. Jangan coba2 oleskan sendiri jika tak pandai...

Mainboard rusak

Kalau masalahnya kerusakan Mainboard. Solusinya Ganti SEL (Ganti SELuruhnya) Alias mending belu laptop baru saja.
karena harga pembelian Mainboad Laptop seimbang dengan pembelian laptop barunya.

Itulah beberapa kemungkinan dari penyebab Laptop mati sendiri tiba-tiba.
Semoga lekas sembuh

1 komentar:

Anonymous said...

Oh saya pikir saya sendiri. ternyata ada juga yang mengalaminya. dari semua yang dibicarakan saya setuju. cuma khusus a43e jika tanpa baterai, alias dicolok terus tidak pernah mati. saya curiga justru pada baterainya. hanya saja saya awam tentang hal ini. mhn info lebih lanjut.

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►